Coret Aja

Coretan Doang, Jangan Serius Amat lah ….

Latihan Memaafkan

MAAF, empat huruf yang mudah diucapkan,tp sulit diterapkan. Sesungguhnya kalau bisa menerapkan, dampaknya sungguh luarrrr biasa. Secara psikis, minta maaf dan memaafkan yang dilandasi dengan hati tulus ikhlas akan membuahkan kebersihan dan ketenangan jiwa. Sedangkan secara medis, akan berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh sehingga tubuhpun siap menangkal berbagai penyakit yang mungkin datang.

 

Berikut ini latihan diri kita untuk memaafkan:

1.      Sadari Perasaan sakit hati kita ketika marah, benci atau dendam terhadap seseorang.

2.      Yang sebenarnya kita hadapi adalah perasaan kita,  bukan orang yang telah menyakiti kita. Jadi yang kita ubah adalah mengubah perasaan sakit menjadi perasaan damai. Caranya, pikirkan hal-hal yang positif, sesuatu atau seseorang yang kita cintai. Ini akan cukup efektif untuk menghilangkan perasaan sakit.

3.      Ubahlah cara pandang kita terhadap apa yang kita rasakan. Sakit hati muncul bukan karena orang lain yang menyakiti kita, melainkan karena pikiran kita “menuduh” bahwa orang itu telah menyakiti kita. Jadi, maafkanlah pikiran kita yang telah “main tuduh” itu. Memaafkan akan membantu menyembuhkan sakit hati.

4.      Berjanjilah untuk terus melatih sikap pemaaf. Setiap kali pikiran kita mengenang rekaman buruk itu, traiklah napas dalam-dalam, kemudian lakukan langkah no.2.

(sumber: RDI)

September 3, 2008 - Posted by | Social Life

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: